Monday, November 15, 2010

What's Happening This Season?

Itulah judul topik yg sempat dikirim dari temen Liga Fantasy EPL. "No one wants to win the Premiership, and Sunderland did well last night (after destroyed Chelski)", lanjut temen yg lainnya.

Hasil buruk beruntun Chelski, termasuk inkonsistensi Arsenal dan ManU (apalagi Liverpool), keliatannya menjadi topik tersendiri. Perubahan ini jelas membuat pusing para manajer fantasy, misalnya yg sudah "rela" membeli mahal Torres, Tevez, dan Berbatov, eh malah pemain papan atas itu dapat nilai minus. Disaster!

Dari dinamika permainan, kejutan ini merupakan therapi tersendiri yg membutuhkan tingkat konsistensi termasuk kejelian yg spesifik. Sekaligus sinyal bahwa level keseimbangan tim di Liga Inggris telah makin merata, termasuk kemampuan para pemain yg mampu membuat point tinggi. Bahkan telah ada perbincangan internal di kalangan milis Big-Reds, bahwa "Kini siapapun bisa mengalahkan Liverpool, termasuk di Anfield!". Sebuah kondisi terhadap hancurnya kemapanan tg selama ini dapat disimbolkan melalui istilah 'the Big Four'.

Meski hasil kejutan ini bukanlah sebuah bencana besar, terutama jika melihat sebaran para pemain top di setiap tim. Contoh Gyan, yg sekarang makin sakti seolah menggantikan posisi Darent Bent di klub Sunderland, atau para barisan tengah Aston Villa yg menggila akibat cacatnya skuad penyerang mereka (terutama akibat cidera panjang, mirip kondisi Arsenal tapi mereka dapat ganti pada figur Chamakh). Ato Vand der Vart yg barusan terpilih sbg player of the month seolah melupakan fungsi Defoe, juga Gareth Bale naik dari posisi defender.

Khusus untuk kelompok di ligafantasi, beberapa dinamikapun terjadi. Kredit diberikan bagi tim Tsubasa10 yg semakin konsisten di posisi 15, juga tim Jong Mallau FC yg mulai mapan di 40 besar (tepatnya di 33). Sementara pasukanku (liver_duke dan DaunHijau) semakin terseok bahkan terlempar dari zona nyaman 10 besar (kini ada di 22 dan 32!), sebuah konsekwensi akibat “gak diurus serius” selama 2 bulanan ini. Sementara tim lainnya ikutan tercampak gak karuan, misalnya posisi tim Citizens of the Sky (65), Shiong Tih Hui (72), AlexaCiciuit (73), Pasingsingan (84), Senopati (87), apalagi peringkat Raja Bolu (94). Dilain pihak, ada tim bernama Kader Merah yg baru ikut bermain pada pekan keenam. Artinya dia hanya mengumpulkan nilai selama 8 pekan menuju minggu ke 13, namun berhasil menduduki rangking ke 85 alias hanya setingkat di bawah Pasingsingan sbg juara musim lalu di liga Proletar. Kader Merah adalah tim milik akunt temenku di diklat, tapi pasukannya gw yg racik dan gak ada perubahan pemain. Jadi mestinya gw bisa bikin tim jangka panjang dgn point yg ok ;o)

Apapun pengalaman yg telah terjadi itu, kesemuanya merupakan konsekwensi dan seni dari keasikan sbg manajer sepakbola Fantasy termasuk "keributan" yg terjadi di berbagai blog di tiap akhir pekan. Maka menurutku, faktor inilah yg membuat peran sepakbola semakin aktual dan faktual sekaligus global. Hasil yg bagus di akhir pekan akan mempengaruhi mood pekan berikutnya. Serta hasil yg mungkin mengecewakan, justru membangkitkan semangat untuk lebih baik lagi di pekan berikut termasuk memandang kehidupan.

Untuk tips pemain di pekan 14, memang semakin sulit terutama akan berlangsung jadwal friendly match pada tengah pekan ini (dan gw harus wiken di Batam lagi). Tapi menurut jadwal yg semoga masih dapat diandalkan, beberapa pilihan kasar untuk timku adalah :
Reina / Robinson
Bale / Boateng / Zhirkov / Skrtel / Squillaci
Gerrard / Nani / Van der Vart / Albrighton / C. Adam
Gyan / Jones / Hernandez / Chamakh / Carol

9 comments:

Ade said...

Sudah lama gak nulis nih, sibuk terus ya mas?
Posisi saya juga merosot nih - Vivavillains.

Anonymous said...

Bener, liga fantasy semakin edan tapi seruu. BTW, Salcido masih cidera yag? Ini pemain asik punya buat dapetin point dgn harga murah meriah (Ben)

LIGA FANTASI said...

@Ade : Yep, dalam beberapa bulan ini gak bisa online. Berimbas kepada hancurnya tim liver_duke ehehee

@Anon : Salcido masih injury sampai 3 pekan. Kalo masih sempet beli, cobain Boateng ato Zhirkov.

Pea said...

I buy Bale but he didnt score but when released him make a damn? How incredible....

Anonymous said...

Talking about goalkeeper, Kirkland in positive mover with +3.65. The price jump to 4.65 eventhough he is not playing?

LIGA FANTASI said...

I wonder a fantasy league would be setting value by demand rather than performance .. ehehee

dedi said...

masih lum jelas cara maennya.. keknya mnarik

reds said...

you might sell gerrard coz he's injured

Asep Haryono said...

heya Om Ndy. Miss u so much muah muach wehehehehehehehehe. Om suka pecel lele nda? Kapan kapan traktir daku donk. Ngelele gitu loooooh hehehehehehehe *ngarep

Post a Comment

Thanks for comments