Thursday, August 11, 2011

12 (Bakal) Bintang Baru

Menjelang 13 Agustus, kick off Liga Inggris musim 2011-2012. Hari yg dinanti para fans EPL yg konon disebut kompetisi lokal sepak bola terbaik, tersibuk, terheboh bahkan termahal di dunia. Meski musim ini gak terlalu diramaikan dgn rekor bursa transfer yg biasanya terjadi tiap liburan, namun ada 2 hal yg seharusnya menjadi perhatian penggila bola terutama para Manager Fantasy. Pertama adalah kesempatan mendapatkan pemain2 "bergizi" namun berharga "masuk akal". Yakni mendapatkan status jagoan2 baru kwalitas super-import dari liga tetangga, atau informasi dari klub promosi yg biasanya minim namun berpotensi mengejutkan. Misalnya di musim lalu, siapa sih yg paham Javier "Chicharito" Hernández dari Meksiko, atau Charlie Adam dari kasta rendahan? Para jagoan import tersebut ada yg telah diprediksi bakal jadi bintang, sudah menyandang bintang, hingga para mantan bintang. Sementara dari 4 tim promosi EPL yg di musim ini berhasil naik kasta, tentu akan membuktikan kemampuan yg bukan cuma figuran.

Kedua, jadwal main dan kondisi jangka pendek maupun panjang dari faktor pemain pilihannya. Faktor ini adalah hal mendasar, misalnya mencermati tim newcomers seperti Queens Park Rangers yg paling diuntungkan karena lawan perdananya adalah Bolton dan faktor tuan rumah. Sementara Swansea City paling memprihatinkan karena harus bertandang ke stadion raksasanya Manchester City. Pertandingan pertama dapat bermakna banyak, antara lain dapat memiliki pemain berharga murah yg kemudian akan melejit mahal. Apalagi jika hasil pekan pertama bisa mencapai point 100, yg berarti aman bahkan berada di lima besar, otomatis bisa bikin semangat dan semoga berlanjut ke tiap pekan. Tapi kalau awal sudah jeblok, bakal banyak alasan deh supaya gak ikutan lagi. Seolah jadi manusia tersibuk sedunia, sok ngurusin Nasarudin, atau kembali ke masa silam dgn jagoan hanya dari Brazil, dst. Maka sejujurnya yg beginian memang gak pantes maen YFF hehee. Ok basa-basinya, berikutnya 12 pemain yg boleh jadi pilihan:

12. Oriol Romeu (MF, Chelsea, To Be Confirmed)
Masih ingat Gerad Pique, atau Cesc Fabregas yg seolah "dibuang" oleh Barcelona untuk "nge-kost" di Liga Inggris? Begitu sekiranya pikiran Chelsea saat merekrut talenta Camp Nou berusia 19 bernilai transfer hanya 4,5 juta pounds, dgn klausul pembelian kembali dua tahun kemudian sebesar 15 juta euro. Romeu diprediksi bakal punya kesempatan turun di skuad utama Adre Villas-Boas karena banyaknya pemain yg rentan cidera (termasuk Essien) sbg gelandang Chelsea.
11. Romelu Lukaku (FW, Chelsea, To Be Confirmed)
Masih berusia 18 thn, mantan pemain Anderlecht ini sudah masuk di dalam daftar 11 pemain muda yg layak diamati versi FIFA 2011. Berjulukan "Didier Drogba baru" yg mencetak 16 gol dari 37 laga musim lalu, sekaligus berstatus top skorer Liga Belgia. Mengaku fans berat Chelsea, kejodohan Lukaku perlu dibuktikan untuk bisa menggeser duet Drogba - Torres yg digadang bakal maut musim ini.

10. Jay Bothroyd (FW, QPR, 6.55)
Raksasa 195cm berusia 29 yg merupakan produk Arsenal Academy, selama tiga musim terakhir membela Cardiff City dgn 116 gol dari 41 penampilan. Kini bareng Queens Park Rangers yg kembali ke EPL setelah 15 tahun, Bothroyd diharapkan membuat kejutan pada laga pembuka di hadapan pendukungnya saat melawan Bolton.
09. Kaspars Gorkss (DF, QPR, 6.12)
Palang pintu setinggi 191cm berusia 29 inilah yg punya andil bagi QPR untuk menjuarai divisi Championship pada musim lalu dgn rekor kebobolan paling irit yakni 32 gol dari 46 laga. Bandingkan dgn Chelsea dan ManCity sbg tim paling sedikit kebobolan di musim lalu dgn 33 gol dari 38 laga. Nilai tambah sebagai lini bertahan, Gorkss juga sering andil menyerang dan sanggup mengkoleksi 6 gol selama 3 musim dgn 114 penampilan regularnya bersama tim QPR.
08. Wesley "Wes" Hoolahan (Norwich, Midfielder, 6.01)
Masih sedikit data dari pemain munggil yg telah membela Norwich selama 3 musim dgn 110 laga berikut 23 gol ini. Namun fakta utama yg patut disimak para manajer fantasi adalah dia pemain regular dan menjadi algojo penalti, nilai yg sudah dipastikan positif.
07. Scott Sinclair (FW, Swansea, 5.25)
Mewakili tim Swansea yg terakhir kalinya mampu tampil di divisi utama Inggris musim 1982/1983, bintangnya adalah sosok gelandang berusia 22 tahun. Sinclair bertugas menyayat sayap lawan kemudian mengeksekusi 19 gol dari 43 laga, impresif bagi bukan penyerang yg pernah semusim membela Chelsea ini. Meski peluang Swansea agak tipis mengingat kiper andalan mereka pindah, namun Sinclair boleh menjadi opsi pilihan pemain fantasy yg murah secara regular.
06. Grant Holt (FW, Norwich City, 6.58)
Norwich merupakan tim promosi peringkat dua di musim lalu, dgn catatan impresif yakni 83 gol alias yg tertinggi di Championship. Salah satu penyebabnya adalah faktor Holt yg mencetak 21 gol dari 45 laga, berarti seperempat gol miliknya dari kemungkinan 46 laga. Norwich sendiri punya catatan impresif, pada dua musim lalu masih terdampar di divisi tiga dan dalam sekejap sudah muncul di kasta tertinggi EPL. Hanya pernah dilakukan ManCity di 11 tahun silam.
04. Adel Taarabt (QPR, Midfielder, 6.01)
Jika QPR mendominasi artikel, selain catatan yg impresif juga faktor Taarabt ini. Elemen terpenting dari kesuksesan QPR kembali ke kasta tertinggi terutama sudah saatnya gelandang internasional Maroko ini mencicipi liga terbaik dunia. Padahal kapten QPR ini menjadi incaran serius Paris Saint-Germain selama bursa transfer musim panas, bahkan Dortmund hingga ManUnited. Playmaker kreatif berjulukan New Zidane telah mengemas 19 gol dari 44 laga, diganjar sbg pemain terbaik divisi Championship musim lalu. Ia membawa QPR mendapatkan poin dari 87 % laga, memenangi lebih dari setengahnya dan lebih istimewa tercatat 54 % clean sheet. Tim yg sungguh seimbang.

03. Gervinho (FW, Arsenal, 6.58)
Arsenal memulai musim ini dgn beberapa khabar kurang optimis, antara lain masalah kebugaran hingga kehilangan pemain. Striker Van Persie diberitakan cidera, serta Bendtner terancam hengkang. Namun khabar baiknya bagi manajer fantasy yg memilih potensi dgn harga murah Gervinho, berharap optimis bakal tampil dan meroket. Striker Pantai Gading yg didatangkan dari Lille seolah meneruskan tradisi kesuksesan sebagaimana Henry, Adebayor, Chamakh dan pernah diajak Wenger buat The Gunners. Patut ditunggu nilai berikut dari Gervinho walau jadwal awal di liga kurang menguntungkan Arsenal.
02. David De Gea (GK, Manchester United, 6.03)
Kiper berbakat yg sudah kubidik setahun lalu saat di Madrid, salah satu tambang point signifikan di La Liga Fantasy Spanyol. Meski punya beban besar terutama pengganti Van der Sar yg tak tergantikan, namun dgn usia 20 dia telah berpengalaman menjadi skuad inti Atletico dan timnas Spanyol Junior sbg juara Eropah. Jika dilihat dari statistik Yahoo, De Gea merupakan favorit dgn status 55.93 %, artinya investasi bagi mayoritas manajer YFF.

01. Sergio "Kun" Aguero (FW, Manchester City, 6.58)
Bintang Atletico Madrid sejak usia 18 tahun, andalan Argentina hingga di piala dunia, menantu Diego Maradona, apalagi? Mungkin masalahnya cuma satu .. ia harus fit dan sanggup reguler bersaing dgn 6 striker kaliber dunia yg bergerombol di ManCity musim ini.
Bagi yg berminat mengikuti Yahoo Football Fantasy musim ini, dapat pula bergabung di "liga-fantasi" dgn password: 123456. Sementara ini sudah bergabung 17 tim dan rasanya sudah cukup banyak, gk perlu sampai 98 atau 100 tim seperti musim lalu. Alasannya sederhana, musim lalu urutanku berakhir di posisi 13 dari 98 peserta, yg berarti prestasikupun jadi terkesan jelek. Seandainya peserta cuma 20, otomatis posisiku pasti indah di peringkat 1 apalagi rivalnya mayoritas tim yg gak konsisten ;o)

6 comments:

naas.nasharudin said...

pertamax gan :p

Anonymous said...

1st week will always be hard

Anonymous said...

Welcome back, Riise.. Smoga Fulham tetap tanding besoknya

odong2 said...

Cakep Gan,... BTW Spurs x Everton DITUNDA.. jg kemungkinan Fulham x Aston Villa, QPR x Bolton!!

Ramsey_pick said...

Lukaku over Torres got injured for internationals last night

Anonymous said...

Pemain nomor 5 hilang bos, maksudnya Riise yag??

Post a Comment

Thanks for comments