Sunday, October 2, 2011

Pekan Derby Pertama

Derby adalah istilah khas bagi pertandingan olahraga yg mempertemukan dua tim dgn rivalitas sengit sbg gengsi tersendiri. Persaingan sengit tsb terutama dikondisikan akibat perseteruan dalam memperoleh supremasi dan eksistensi lantaran mereka bermarkas di satu kota yg sama. Serta amat bergengsi karena telah menjalani masa tempur bahkan catatan sejarah yg panjang sehingga dipastikan akan terus berulang di tiap ajang kompetisi yg harus mempertemukan mereka. Khususnya di urusan sepak bola sbg olah raga terpopuler dunia, laga derby begitu fenomenal dan khas. Misalnya derby "Della Madonnina" (Ibu Dari Segala Derby) antara tim AC Milan x Internazionale Milan, dua klub raksasa dari Milan yg seolah selalu memperebutkan ikon patung Bunda Maria yg memang menjadi lambang kota. Begitupun di liga Spanyol antara rivalitas Real Madrid versus Atletico Madrid sekaligus representasi dari klub dan penonton kaya melawan klub kalangan miskin.

Sementara di liga paling heboh Barclay Premier League yg begitu bertaburan derby, namun paling sengit dan berumur panjang lebih dari 1 abad adalah berjulukan "Derby of Merseyside". Dua klub yg hanya dipisahkan oleh sungai Merseyside, Everton sbg abang yg harus meladeni Liverpool yg lebih muda namun memiliki catatan mentereng. Mereka saling meyakini untuk pantang mengalah lebih dari apapun saat derby, lebih daripada makna kejuaraan liga itu sendiri. Akibatnya dapat dibayangkan faktor sengitnya, ditunjang fakta sejarah bahwa Derby Merseyside merupakan laga satu kota yg paling banyak menghasilkan kartu merah di Liga Inggris. Misalnya hanya untuk catatan sepanjang era Premier League dalam 20 tahun, wasit sanggup mengeluarkan 19 kartu merah, bahkan 10 di antaranya terjadi pada 13 pertemuan terakhir alias sejak 2004. Jumlah yg mutlak merupakan salah satu rekor berupa kartu merah terbanyak saat melibatkan pertemuan dua tim the reds x the blues dari kota yg sama.
Demi fakta berikut catatan demikian, sungguh waras jika para Manajer Fantasy untuk menghindari Derby Merseyside yg akan berlangsung pekan ini di Goodison Park markas Everton. Apalagi ancaman kartu merah bagi pemain adalah mutlak berakibat nilai negatif berikut hujan kartu kuning. Adapun bagi mereka yg doyan resiko untuk memilih pemain dari derby ini, mungkin tambahan info berikut dapat berguna. Yakni dari sisi Liverpool, Dirk Kuyt selalu mencetak gol dalam 3 laga terakhir kontra Everton, atau total mencetak 5 gol yg menjadikannya pemain tersubur ke gawang The Tofees. Sementara Tim Cahill turut mencetak 5 gol dari 11 pertemuan keduanya. Menarik untuk ditunggu apakah kedua pemain ini kembali berlaga sekaligus meneruskan catatan mereka, terutama kondisi Cahill yg masih cidera. Harapan positifnya adalah dalam 3 tahun terakhir Derby Merseyside di Goodison Park selalu tercipta gol dgn skor sama yakni 2 - 0. Liverpool sukses menang dua kali sementara Everton menang sekali pada musim lalu. Uniknya pada pertemuan di Anfield musim lalu, keduanya berbagi skor sama yakni 2 - 2 alias imbang. Khabar baik bagi manajer yg anti skor kacamata.
Derby lainnya pada akhir pekan ini adalah bertajuk "Derby of North London", rivalitas antara Arsenal versus Tottenham Hotspur. Sengitnya laga penguasa London Utara ini dapat tergambar dari 3 pertemuan terakhir yakni di liga dan satu partai Piala Carling, keduanya berbagi adil dgn satu kemenangan, satu kekalahan dan satu imbang dgn skor 3 - 3. Faktor menarik saat Spurs memulai derby di stadion White Hart Lane adalah faktor Adebayor yg akan dikunjungi mantan klubnya. Walau mayoritas penonton adalah pendukung Spurs dan Adebayor sbg tuan rumah, namun kubu Arsenal tak dapat melupakan bahkan sukar memaafkan Adebayor saat musim lalu melukai perasaan awak Gudang Peluru dgn selebrasi golnya. Meski dia melakukannya untuk kubu ManCity yg saat itu dibelanya dan telah meminta maaf bahkan diberi sanksi, kondisi ini akan turut memicu panasnya derby sekaligus menjadi titik kebangkitan bagi kedua tim yg barusan memulai musim dgn kurang mulus. Kiranya bagi para manajer fantasy dapat jeli memanfaatkan unsur derby, yg bisa berarti panen gol atau sebaliknya panen kartu.
Untuk prediksi laga lainnya, di atas kertas ada peluang kemenangan mutlak bagi tim elit seperti ManUnited, ManCity dan Chelsea. Khusus ManUnited yg membuat patah hati banyak manajer fantasy pekan lalu lantaran Rooney mendadak cidera, pekan ini cukup membingungkan. Pasca Liga Eropah yg melelahkan dgn hasil 3 - 3, boleh dicurigai bahwa Ashley Young dan Danny Welbeck diistirahatkan. Pertanyaannya, siapa pendamping Chicarito yg kemungkinan fit sementara Rooney turut diisukan pulih lebih cepat? Logikanya, pilihlah Berbatov yg sama sekali segar. Sementara di kubu ManCity, bisa dipastikan Balotelli akan turun sementara Dzeko diisukan turut bermasalah dgn Mancini. Torres yg mulai menemukan ketajaman justru anti klimaks akibat menerima kartu merah pekan lalu, maka Juan Matta sungguh prospek. Bagaimana tim dan peluiang anda pekan ini? Sejujurnya bagi tim LigaFantasy maupun liver_duke mulai memasuki era berat di liga Inggris akibat kurang konsentrasi. Beruntung hasil positif masih berlanjut di liga Spanyol karena masih jadi pemuncak hingga pekan 5. Nikmati sajalah permainan ini, cara khas para lelaki mengisi tiap malam minggunya ;o)

1 comments:

kemarin.lusa said...

Met malem minggu agan, baiklah klo begituh...

Post a Comment

Thanks for comments