Saturday, September 8, 2012

Bursa Transfer Musim Panas 2012

Akhir pekan ini terasa bosan akibat liburnya LigaFantasi, tapi jadi punya waktu untuk nulis. Beberapa berita menarik dari awal Liga Inggris dan LigaFantasi yg erat terkait, masih didominasi hasil bursa transfer musim panas 2012. Menjelang penutupan bursa pemain di minggu lalu, tercatat beberapa transfer yg berpengaruh langsung khususnya bagi para manajer. Yakni pemain potensial dari luar liga Inggris yg masuk, berarti memiliki harga standard namun kemungkinan dapat melejit. Sebaliknya para bintang atau pemain yg sudah tidak bisa lagi dipilih pasca bergabung ke liga tetangga, namun masih memiliki prospek cerah di turnamen LaLigaFantasi seperti Essien untuk reuni dgn ayah angkatnya, Jose Mourinho di Santiago Bernabeu. Sementara hasil klasmen sementara LigaFantasi yg diikuti 29 klub, tadinya sempat 32 peserta, menjadi penutup tulisan ini. 
Menjelang menit akhir bursa transfer Liga Inggris, Liverpool dan ManCity tercatat paling agresif. Namun tim paling gila belanja musim ini adalah QPR, memboyong 11 pemain berkarakter walau cenderung expired. Bagi Liverpool di bawah komando Brendan Rodgers yg sukses musim lalu bersama Swansea City, agaknya punya beban dan modal banyak untuk merubah filosofi bermain. Brendan adalah otak keberhasilan Swansea menjalani musim pertama di strata tertinggi, sekaligus mengadopsi Tiki Taka ala Barcelona sehingga dijuluki Swanse-lona. Namun untuk karakter Liverpool yg lugas dan lekat dgn tradisi sepak bola Inggris, apakah Liverpudlian harus menderita dan sakit jantung lebih panjang lagi? Cara belanja Brendan telah menunjukkan perubahan signifikan, selain membawa Joe Allen untuk menumpuk midfielder juga membuang tipikal petarung seperti Dirk Kuyt, Maxi Rodriguez, Bellamy, Adam Johnson dan terakhir Andy Carrol. Malah dikhawatirkan skema Liverpool tanpa striker murni, karena Borini terlalu melebar, Suarez penjelajah dan Sterling keliwat muda. Posisi degradasi alias 18 pada klasmen pekan ketiga buktinya, belum pernah menang dan defisit 5 gol. Sebaliknya Swansea yg makin kental beraroma Spanyol, sukses di posisi dua plus tim paling produktif mencetak 10 gol. Swansea kehilangan beberapa pilar penting sbg konsekwensi debutan yg gemilang, namun Michael Laudrup begitu efektif membelanjakan uang sekaligus melanjutkan kejutan. Michael Laudrup gak asing dgn aroma kental Spanyol, salah satu bintang yg pernah bikin gara2 lantaran murtad dari Barcelona ke Real Madrid. Karir pelatihnyapun dimulai di Spanyol, mengasuh Getafe dan Real Mallorca musim lalu sebelum ke Swansea.

Sementara ManCity berkesan panik walau tidak kehilangan bintang, namun jadwal laga semakin sibuk terutama Liga Champion dalam Group D (Death, kumpulan 4 juara liga musim lalu). Mancini berhasil mendatangkan beberapa bintang walau bukan jaminan bermain reguler, namun harga terjangkau sbg pencetak point. Yakni veteran Maicon (Inter Milan), Javi Garcia (Benfica) jelas di atas Nigel De Jong yg pergi ke AC Milan, Matija Nastatic (Fiorentina) yg keliatannya bakal bersinar, ketiganya dibandrol standard, serta Scott Sinclair (Swansea) yg sudah mahal dan nampaknya sbg pelapis Silva atau Nasri. Bintang lain berharga murah namun diperkirakan bakal mengikuti kesuksesan Hazard dan Santi Cazorla, adalah favorit kiper nasional Prancis yakni Hugo Lloris (Lyon ke Tottenham Hotspur), gelandang Uruguay Gaston Ramirez (Bologna ke Southampton), serta andalan Spanyol lainnya Pablo Hernandez (Valencia ke Swansea City) menemani Michu dan Chico. Khusus dua nama terakhir, adalah favorit kebanyakan manager fantasy selama ini di liga Spanyol dan kini di Inggris namun memiliki dampak berbeda. Jika Michu dianggap pembelian terbaik dan memberikan nilai tinggi, sebaliknya Chico memiliki prospek namun sudah mengantongi satu kartu kuning dan merah hanya dalam tiga laga. Berikut adalah resume newcomers terbaik pilihanku berikut prospek favorit yg mungkin bisa diandalkan.
Pembelian asing terbaik :
1. Michu (Swansea), point 46.00, harga 8.06
2. Cazorla (Arsenal), point 44.50, harga 9.99
3. Eden Hazard (Chelsea), point 38.00, harga 9.22
4. Podolski (Arsenal), point 22.50, harga 9.42
5. Kagawa (ManUnited), point 22.00, harga 6.77
Prospek pembelian asing terakhir :
1. Hugo Lloris (Spurs, kiper), 6.53
2. Hernandez (Swansea, midfielder), 5.74
3. Ramirez (Soton, midfielder), 5.74
4. Nastatic (ManCity, defender), 6.08
Klasmen LigaFantasi hingga kini diikuti 29 tim, ada kemungkinan akan dikurangi menjadi 25 bahkan 20 peserta supaya lebih persis aslinya. Apakah setuju untuk "dihapus" beberapa peserta dan bagaimana cara memilihnya? Karena jika mengambil 5 terbawah, ada Raja Bolu alias kang Sur yg bakal tergusur. Mungkin tunggu "hukum alam" saja karena biasanya bakalan masih ada tim yg hilang sejalan waktu. Salah satu faktor yg membuat perbedaan nilai di awal musim adalah banyak yg tidak menyadari jadwal ganda atau double game bagi Chelsea dan Reading. Kemudian pekan dua juga ada musibah, laga Sunderland vs Reading ditunda akibat banjir, klo gak salah Pasingsingan turut dirugikan. Maka untuk selanjutnya, jadwal perlu diperhatikan selain faktor pemain dan awal musim ini agaknya lebih "bersahabat". Artinya banyak pemain murah namun banyak terjadi point yg bikin semangat, tapi melemahkan yg gagal mencuri start bagus. Khusus buat kang Sur, tetap semangat karena Liverpool juga tercecer di dasar klasmen. Kalo boleh saran, kiper De Gea dan defender Kelly diganti yg lebih permanen seperti Krull (Newcastle) dan Vidic (ManUnited) yg lagi murah. C'mon .. tetap semangat ..
-duke-

1 comments:

Anonymous said...

LOVE THIS

Post a Comment

Thanks for comments