Saturday, July 31, 2010

Sejarah Ligafantasi dan Meracik Tim

Selamat bergabung dan terima kasih bagi yg sudah berkumpul di grup "ligafantasi". Grup ini awalnya dari Liga Proletar mulai musim lalu, yg terbatas buat iseng dan diikuti 8 tim. Sesuai namanya, Liga Proletar dibentuk di milis Yahoo yakni Proletar, yg salah satu topiknya membahas sepak bola tapi selalu dicela oleh rajanya milis yakni Jusfiq. Padahal sejak berdirinya kampung Proletar di tahun 1999, sepak bola menjadi salah satu perbincangan dgn lumayan peminatnya. Fakta itu sekaligus menjadi sasaran dan tunggangan opa Jusfiq buat ngomel termasuk mencela sepak bola, padahal minatnya mungkin cuma buat pelampiasan. Atas pertimbangan itu dan kebetulan musim liga akan dimulai, dibuatlah wadah khusus di luar milis. Sementara itu, beberapa warga Prols kebetulan juga di milis Radioliner. Maka nyambunglah dan mulai bikin liga sendiri. Kenapa Yahoo yg dipilih? Selain friendly dan easy, juga dapat dipercaya dari aspek penilaian dan popularitas. Berikut adalah daftar hasil Liga Proletar pada musim 2009 / 2010.
Topik berikutnya adalah kiat membentuk tim serta memilih pemainnya. Sengaja dalam bahasa Indonesia, selain mayoritas tim di ligafantasi dari Indonesia juga untuk kepentingan interaktif. Lagian percuma tuh bule udah ditulisin, tapi tetep cuwek. Maka dengan artikel ini, semoga blog ini bisa ramai dan mengundang komentar, termasuk cela-celaan. Maka topik yg dirasa manjur untuk mengundang komentar adalah kiat berikut pengalaman bagaimana meracik sebuah tim fantasy.

Menurut pengalamanku yg terbatas, ada beberapa hal perlu dipertimbangkan dalam memilih pemain. Pertama, jelaslah memilih pemain yg dipastikan dapat tampil pada pekan yg dituju. Ini dulu yg utama, berikut faktor beli yg nanti akankah sepantas dgn pointnya. Jadi untuk memastikan apakah pemain yg dipilih bakal main, pastikan pemain itu sbg regular untuk starting eleven. Misalnya Terry, Gerard, Van der Sar, Fabregas, adalah big boys yg sudah pasti turun. Faktor yg sanggup membuat mereka cuma nongkrong di bench hanyalah akumulasi kartu, atau sekalian duduk di ranjang rumah sakit. Maka data mengenai dua hal ini sangat relevan, faktor cidera dan akumulasi kartu. Data mutakhir mengenai kondisi pemain, bisa diakses lewat beberapa media atau pemberitaan termasuk blog ini.
Faktor lain adalah 'the right man on the right place' terutama kendala terbatasnya poin. Kesulitan inipun sekaligus membatasi pilihan terhadap mayoritas pemain dari satu klub kaliber big ten, untuk bisa dipilih lebih dari 4 pemain. Misalnya meminjam tim Liverpool, cukup memilih Gerrard, Reina dan Torres sudah sanggup bikin sesak nafas. Maka untuk mengoptimalkan faktor ini, perlu tambahan info terkait mengenai penampilan pemain lain dalam posisi yg sama. Misalnya Lampard atau Malouda sbg midfielder, mungkin dapat diganti kaliber yg sama walau kalah tenar seperti Mikel Arteta (Everton), James Milner (Aston Villa), Clint Dempsey (Fulham) bahkan Matthew Etherington (Stoke) dan David Dunn (Blackburn). Salah satu faktor ternilai positif untuk dipilih melalui posisinya, selain membuat gol adalah assist. Faktor yg mutlak negatif adalah pelanggaran serta kartu, selain own goal. Sementara nilai tertinggi umumnya diberikan pada pencetak gol, padahal kiperlah yg paling tinggi apalagi sanggup ngeblok penalti.

Faktor 'the right man in the right time' adalah jadwal laga, umumnya nilai tertinggi diberikan kepada pemain dari tim pemenang. Namun yg kalah bisa mendapat nilai positif yg tinggi, selain bagi pencetak gol adalah kepada defender dan kiper yg sanggup menahan terjadinya hujan gol. Umumnya jadwal yg mempertemukan dua tim unggulan, para pemain dari dua tim itu gak dipilih. Faktor subjektif (nge fans) gak banyak menolong, karena nilai gak mengenal ukuran ini. Jadwal juga bisa memberikan keuntungan lebih, misalnya pada sepekan ada beberapa tim yg berlaga dua kali. Otomatis pemain yg dipilih berkesempatan mendapat nilai dobel, termasuk resiko minus jika apes. Maka ketika umumnya sebuah tim sanggup mengumpulkan nilai 100 pada satu pekan, akibat ada real-tim yg berlaga dua kali bisa mendapat nilai minimal 150 pada pekan yg sama. Masih ada beberapa faktor lain, tapi kiat di atas sudah cukup untuk memilih pemain dan membentuk starting eleven. Berikut adalah beberapa contoh berikut pertimbangan untuk berlaga di pekan perdana.
Kipers:
-Van der Sar (14.13)
-Friedel (10.83)
-Schwarzer (9.81)
-Kirkland (3.77)
Faktor pertandingan perdana amat berperan secara psikologis. Faktor kandang atau tandang menjadi konsekwensi logis. Berdasarkan jadwal perdana dan kondisi terakhir, empat kiper ini jadi pilihanku. Cech dikhabarkan masih cidera, sementara isu Kirkland mengalami patah tulang agaknya semakin membaik. Jika anggaran mencukupi, pilihan VdS masuk akal termasuk keuntungan kandang. Serta yg membedakan antara kiper kedua dan ketiga adalah faktor kandang, Schwarzer agak kurang beruntung. Sementara kepulihan Kirkland khabar bagus untuk anggaran cekak.
Defenders:
-Ashley Cole (11.89)
-Patrick Evra (10.71)
-Jagielka (10.69)
-Christ Samba (10.38)
-Ivanovic (9.53)
-Terry (9.47)
-Shawcross (9.23)
-Craddock (8.15)
-Carragher (8.08)
-Stephen Carr (6.42)
-J Boateng (5.70)
-Faubert (4.89)
-Phil Bardsley (4.52)
Tidak ada tim yg paling diuntungkan secara jadwal perdana, selain Chelsea. Menjamu tim promosi West Brom merupakan peluang besar bagi sang juara bertahan memulai kompetisinya. Fakta ini dapat merembet pada pilihan starting eleven dgn sedikit perubahan, terkecuali kondisi Cech. Faktor Cech sendiri merupakan ketegangan, apakah harus memilih Turnbull atau Hilario yg memiliki harga relatif sama. Apes banget jika memilih Turnbull tapi yg maen Hilario, sementara Kirkland otomatis turun sbg pilihan utama dgn harga lebih murah. Sementara status Ashley Cole masih di Stamford, dia menjadi pilihan utama. Kebanyakan pilihan terhadap pemain belakang adalah faktor tuan rumah, namun ada kemungkinan justru tim yg tertekan (tamu) akan memperoleh hasil optimal bagi defendersnya walaupun kalah.
Midfielders:
-Lampard (20.66)
-Arteta (16.83)
-Gerrard (16.02)
-Malouda (13.07)
-Milner (12.82)
-Ashley Young (12.36)
-Nani (11.71)
-David Dunn (10.57)
-Essien (10.04)
-N'Zogbia (9.79)
-Etherington (9.53)
-Gareth Barry (8.83)
-Nasri (8.62)
-Jarvis (8.47)
-Larsson (8.03)
-J Cole (7.06)
-Gera (6.83)
-J Gomez (6.18)
-Lucas (4.78)
-N'Zonzi (4.06)
-Muamba (3.54)
Kecenderungan midfielders adalah sama dgn forward, yakni nilai optimal lebih diberikan kepada proses terjadinya peluang hingga gol. Faktor kandang akan melipat gandakan motivasi itu, maka pilihan pemain bagi posisi ini adalah cenderung bertipe ofensif.
Forwards:
-Rooney (19.39)
-Tevez (15.68)
-Anelka (14.95)
-D Bent (12.60)
-Agbonlahor (11.59)
-Rodallega (10.78)
-K Jones (10.34)
-Saha (9.42)
-Zamora (8.93)
-Camakh (6.40)
-R Fuller (6.33)
-Ngog (5.50)
-Tuncay (5.11)
Beberapa nama besar yg kondisinya meragukan adalah Drogba, Torres, Bendtner akibat cidera serta Van persie dan Pavlyuchenko gak jelas. Khabar baiknya dgn kealpaan mereka bisa menghemat harga tanpa kehilangan point untuk menjadi pilihan di laga berikutnya. Sementara Camakh selain faktor cideranya Bendtner, kupasang dgn harapan dapat menjadi starter regular dgn nilai semakin tinggi. Sementara Jovanovic perlu dilihat apakah sanggup menggeser Kuyt dan Ngog, juga Ballotelli maupun Javi Hernandez masih bersaing dgn Macheda yg yahud waktu tour ke Amerika.

Pilihan sementaraku yg masih bisa berubah, again lots of time to keep picking :
Friedel / Kirkland
Terry / Carra / Carr / Boateng / Bardsley
Lampard /Millner /Nani /Essien / Cole /N'Zonzi
Anelka/Agblahor/Rdlega/Saha/Zamora/Camakh

Silahkan berinteraksi disini atau beberkan dan bahas rencana tim anda. (*)

19 comments:

LIGA FANTASI said...

Menurut data terakhir, Wigan siap menurunkan Kirkland. Ada pilihan baru buat defender Chelsea, yakni Boswinga dgn catatan jika Carvalho jadi ke Madrid. Sementara Evans positif tampil terutama Rio cidera.
Berbatov baik2 saja tapi diragukan menjadi starter, begitupun Silva di ManCity. Ia masih butuh adaptasi, seperti Camakh, they have a tough fixture as visitors and they need time to settle in to the first battle.

Ade said...

TQ tipsnya mas, berarti sy rada keliru ni.

Friedel
Tery, Bardsley, Bassong
Milner, Malouda, Bowyer, Muamba
Agbonlahor, Carew, Crouch

Tolong advisnya

Anonymous said...

perlkraan sementrara

Hart (Given cedera)
Bale, Kosciely, Boateng
Malouda, Joe Cole, DaSilva, Adam
Anelka, Carew, Boselli

Unknown said...

My early team,

Kirkland, pilihan pas, cheap n chips too

Evans, should be a starter
Bale, as proven in last season
Boateng, could be his first chance

Lampard, always a threat with set pieces
Petrov, amazing with set pieces
Essien, the bull is back
N'Zogbia, providing he doesn't go elsewhere
Campbell, cheap and in a good form

Rodallega, yes he'll make to win comfortably
Saha, will shine with no Cahill

Unknown said...

Maut semuanya niii

Ade said...

Gk pake cadangannya yagg??
Gimana dgn Zigic, juga Koscielny yg gak ada gallas ama Campbell ???

LIGA FANTASI said...

@Ade: udah keren kok .. The Villans banget. Carew mkn boleh dituker Saha, buat jaga2 aja.
Di Yahoo gak dikenal cadangan, habiskan saja dananya. Koscielny mkn bisa nemenin Vermallen ama Sagna, tapi bersaing dgn Gibbs. Tim Young Guns ato Tsubasa10 dari group kita lebih paham nih.

@Anonymous: kiper ManCity umumnya terlindung dari defender tangguh, Hart bs diandalkan. Tp karena tandang, riskan buat nahan Defoe cs.

@Dragon: thanks for info, 3 - 5 -2 nih ehehee

tom said...

Jika rata2 1 pertandingan sanggup 100 points, berarti dikali 34 weeks = 3.400an. Iya khan?

Mr Jusfik of Proletar ikut maen gk... :)

Anonymous said...

baru nemu blog ginian, sgt membantu. THX Gan!!

Anonymous said...

IKUTAN BOSS

Ade said...

Sy the Villans mas...Moga musim ini dpt jatah Champion huuehee .... Kalau posisi bek kiri gak perlu dipasang dikiri juga ya?

endyonisius said...

@Seder: Kayaknya gitu yah, dpt point akhir 3000an di tangan kalo konsisten 100/laga.

@Anonim: Sip and welkam.

@Ade: Posisi gak ngaruh di formasi fantasy.

Break news, Aurelio balik ke Anfield (so bukan Drente).

Anonymous said...

Good looking teams of yours guys. Which is better Adams-Wigan or Boselli at home to Blackpool?

I may stick with mine unless further news about Drogs and Rooney reveal themselves.

Hilario
Koscielny, Evra, Ivanovic
Lampard, Nani, Petrov, J.Cole, Silva
Boselli, Chamakh

LAGUPEDIA said...

Interesting team with those midfielders. We can wait to see the Emirates Cup this weekend, mainly to get a glimpse on Arsenal lines up and how Koscielny & Chamakh play. I'm just wondering to see people holds David Silva right now. He's not even trained with the team so far, will he ready to start and do well then?

If Boselli a lock to start with you, I can see your good reason as well. G'luck

Unknown said...

yang agak ga ngenakin kalau bbrp pemain di team kita saling berhadapan. cth Man City (gw pasang Joe Hart sbg kiper gw vs Hotspurs (Defoe adalah striker gw) serba salah kan.. pingin gawangnya clean sheet tapi berharap juga striker gw bikin gol. hehehe

Pemilik Klub PS KAMBING

LAGUPEDIA said...

Sori kalo ngebingungin. Nick ligafantasi = endyonisius = lagupedia, satu identik. Kemarin gak nyadar waktu nulis tanggapan di sini, padahal lagi up date blog yg lain (endyonisius atau lagupedia).

@Kambing : Kondisi itu jamak dan malah bisa jadi bagian strategi buat fifty2 dapet point. Meski Hart kebobolan dan kalah, belum tentu dapet minus karena banyak penyelamatan lain. Tapi biar tenang dan gak beresiko mubazir, mending pilih di 'laga aman'. Salah satu kiat, kalo dua raksasa lagi brantem mending nyingkir. Ungsikan pemain ke yg laga pasti2 aja. Tapi resikonya bakal susah dapetin lagi si pemain kakap yg keburu dilepas, apalagi harganya mendadak melangit karena habis bikin hattrick.

Just do it, practise makes perfect ehehee

Anonymous said...

Posting seperti ini apa tujuannya? Bagi sy cukup informatif & membantu utk bertukar pengalaman. Semoga tdk menjadi spoiler bagi peserta FM lainnya.

Btw, my team WEEK 1:

Jussi
Cole, Salgado, Zhirkov
Park, N'Zogbia, Moses, Essien, Dunn
Torres, Carew

LIGA FANTASI said...

Posting ini hanya buat sharing, sukur2 terjadi interaksi dan berani memulai kebiasaan "saling mendukung" khususnya di group ligafantasi. Ini bukan spoiler, karena keputusan akhir tetap di tangan para manajer timnya.

Posting seperti ini juga diharapkan dapat membantu untuk lebih menikmati Yahoo Fantasy Football Game yg konon katanya susah serta menghabiskan waktu.

Thanks tanggapannya, tim awalnya OK tuh ;o)

Anonymous said...

My worst start ever to a season with a miserable 62 points, after the decision to have Kirkland in goal.

Post a Comment

Thanks for comments