Sunday, May 13, 2012

Pekan Terakhir : Menuju 3.000

Setelah sekitar 10 bulan mengikuti Premier League maupun Laliga musim 2011/2012 berikut kompetisi Manager Fantasy Football, alhirnya tiba pada laga pekan terakhir. Tanpa terasa tim "liver_duke" telah menyelesaikan tahun keempat sejak 2008 serta diganjar 5 medali, 3 dari Inggris dan 2 Spanyol. Musim ini kelihatannya akan bertambah 3 lagi, setidaknya 1 emas. Sementara tim "LigaFantasi" telah memasuki tahun kedua sejak 2010 dgn 3 medali, 1 dari Inggris dan 2 Spanyol. Peluang untuk menambah medali ada 4 termasuk 2 emas, termasuk kans pada klasmen LigaFantasi yg masih terpaut 20 poin dari pemimpin sementara tim "ardut utd". Jika pada laga penutup ini sanggup membawa tim "LigaFantasi" menggeser tim "ardut utd", maka akan menambah khusus jumlah emas menjadi 4 medali. Maka prestasi tim "LigaFantasi" akan sanggup menyamai perolehan emas dari tim "liver_duke" sejumlah 4, namun telah diperoleh dalam dua tahun lebih cepat. Catatan statistik yg cukup impresif serta memberikan motivasi untuk selalu dapat konsisten setiap minggu dalam rentang waktu 10 bulan. Sebagai catatan, perolehan medali hanya diberikan kepada 3 tim terbaik serta dihitung bagi group yg sedikitnya memiliki 4 tim. Sekaligus menekankan betapa perlunya mengikuti lebih dari satu group dgn batas maksimal dapat bergabung di empat group saja.

Untuk laga pamungkas ini, terdapat beberapa pertimbangan dan tips yg dapat dipergunakan untuk mengunci posisi dgn poin terbaik. Khusus Liga Inggris yg masih mencekam, setidaknya ada 7 tim yg pasti akan bertempur ekstra keras demi beberapa tujuan serta peluang, yakni :
- Manchester City (perebutan juara).
- Manchester United (perebutan juara).
- Arsenal (peluang posisi 3 atau 4).
- Tottenham Hotspur (peluang posisi 3 atau 4).
- Newcastle United (peluang posisi 3 atau 4).
- Queens Park Rangers (ancaman degradasi).
- Bolton Wanderers (ancaman degradasi).
Sebaliknya terdapat 3 tim yg dirasakan sudah kehilangan motivasi atau memiliki strategi lain sehingga meninggalkan konsentrasinya, yakni :
- Chelsea (konsentrasi final Liga Champion).
- Blackburn Rovers (terdegradasi).
- Wolverhampton Wanderers (terdegradasi).
Sehingga jika dicocokkan dgn jadwal pertandingan berikut peluangnya termasuk berbagai keuntungan seperti faktor tuan rumah, maka pertimbangan "laga panas" berikut prospek pilihan pemain adalah :
- ManCity x QPR (juara x terdegradasi).
- Sunderland x ManUnited (aman x juara).
- Hotspur x Fulham (big four x aman).
- WestBrom x Arsenal (degradasi x big four).
- Chelsea x Blackburn (prestise x degradasi).
- Stoke x Bolton (aman x terdegradasi).
Peluang terbesar untuk dapat memiliki pemain menghasilkan nilai adalah pada ManCity, ManUnited, Hotspur, Arsenal, dan Bolton. Sementara Chelsea rada tricky dan sebaiknya diabaikan, kecuali beberapa pemainnya yg gak dapat tampil di final akibat suspensi seperti Ramires dan Ivanovic. Sebaliknya hindari pemain dari beberapa tim yg akan jadi "korban amukan" seperti QPR (walau akan berjuang gak terlempar dari divisi elit), Sunderland (meski punya reputasi kandang yg bagus), serta Fulham (reputasi tandang buruk). Adapun laga yg dipastikan seru dan berpotensi banyak gol adalah Stoke dgn reputasi kandang yahud untuk menjamu Bolton yg dipastikan habis2an. Juga dua tim aman Norwich menjamu Aston Villa dapat jadi pilihan, terutama tuan rumah memiliki reputasi selalu mencetak gol walaupun kalah.
Sementara Liga Spanyol yg sudah dipastikan memiliki juara musim ini, masih menyisakan kemelut jatah Liga Champion yg hanya tersisa satu yakni posisi 4 dan ketat diperebutkan 4 tim. Serta 3 tim harus mati2an guna menghindari jurang degradasi, lengkapnya berupa :
- Real Madrid x Mallorca (juara x jatah Champion).
- Malaga x Gijon (jatah Champion x degradasi).
- Villarreal x Atletico (terdegradasi x jatah Champion).
- Levante x Bilbao (jatah Champion x Copa).
- Getafe x Zaragoza (aman x terdegradasi).
- Rayo Vallecano x Granada (terdegradasi x terdegradasi).
Real Madrid telah mengunci gelar juara namun berambisi mengunci 100 poin dgn kemenangan akhir, dipastikan mendapat perlawanan sengit dari tamu yg memiliki ambisi ke liga elit. Begitupun dua tim papan bawah Rayo dan Granada harus berjibaku agar tetap berada di klasmen elit, untuk terhindar dari degradasi, hasil draw berarti tamat bersama. Maka tim relatif diuntungkan adalah Malaga dan Levante, sementara Atletico dan Bilbao baru saja lelah bertempur di Liga Eropah dan Bilbao masih harus meneruskan reputasinya di ajang Copa. Barcelona jelas akan menurunkan tim "gak karuan" untuk menyelamatkan trophy tersisa sekaligus hadiah buat Pep, namun Messi dipastikan turun untuk mengamankan gelar El Pichichi dari kejaran Ronaldo. Maka tim "duke-lona" maupun "LaLigaFantasi" gak terlalu kesulitan untuk memastikan pasukannya, mayoritas dari Malaga dan Levante serta dipimpin Messi. Walau peluang kedua tim agak berat di klasmen LaligaFantasi karena tercecer di posisi 4 dan 5, khusus tim "duke-lona" dipastikan telah merebut 1 emas sbg jawara dgn perbedaan nilai 300an pada klasmen lainnya.
Sekadar mengingatkan, deadline penyusunan tim untuk Liga Inggris adalah pada hari minggu jam 5 sore waktu Jakarta, berarti masih ada waktu sebelum 10 laga serentak dilaksanakan besok. Sementara untuk Liga Spanyol telah ditutup jam 5 sore waktu Jakarta barusan, satu jam lebih cepat dari biasanya karena faktor Daylight Saving Time (satu jam lebih maju akibat perbedaan geografis dan musim panas). Pastikan tidak ada pemain yg gak memperoleh nilai lantaran cidera atau terkena rotasi, termasuk perbedaan harga. Faktor terakhir inilah yg sempat membuat konsentrasiku rada tinggi, harus rela menjual pemain harga diskon seperti Torres, Dempsey, Jelavic dan Krull. Kemudian bersusah payah membeli para raksasa seperti Sergio Aguero maupun Yaya Toure yg dipastikan akan berpesta besok. Kendala yg membuat gak leluasa untuk menyebarkan pilihan seperti memasukkan pemain ManUnited, Arsenal maupun Hotspur, namun tetap memilih aman pada laga yg akan memberi nilai seperti tim Norwich dan Bolton. Setidaknya hanya butuh 20 nilai tambahan untuk membuat tim "LigaFantasi" menembus angka 3.100an serta tim "duke_lona" melewati target angka 3.000an musim ini. Prestasi ini sudah pernah dicapai musim lalu saat klasmen LigaFantasi memiliki peserta berjumlah nyaris 100 tim, pertanda nilai sebuah konsistensi tersendiri. Bagaimana dgn peluang dan kemajuan tim anda?
-duke-

2 comments:

D.H said...

Musim ini sy masih blum gitu paham, akan sy balas di musim berikutnya. semoga masih tetep diundang ya mas :)

ario_penangsang said...

wuihh blog ne apik yo masBro ....

Post a Comment

Thanks for comments